Ayoo !! 7 Rahasia Bisnis Online Sukses Untuk Karyawan


Jika salah satu tujuan hidup Anda adalah ingin merasakan kebebasan waktu (time freedom) dimana Anda bisa melakukan banyak hal baik yang Anda senangi dan membantu lebih banyak orang, maka Anda harus juga terlebih dahulu memiliki kebebasan finansial (financial freedom).

Artinya Anda tidak bekerja sekalipun masih bisa hidup dengan standar gaya Anda sendiri menggunakan passive income Anda.

Kalau saat ini posisi Anda masih berkerja secara offline di perusahaan orang lain sebagai karyawan, mulailah berfikir untuk mencari sumber penghasilan selain aktif income Anda (uang yang datang karena Anda aktif bekerja).

Kabar baiknya di era internet ini Anda bisa mewujudkan itu tanpa harus membangun perusahaan besar dan membuat sistem serta belanja SDM yang serba mahal.

Saran saya mulailah belajar dan praktek sedikit demi sedikit mengenai cara menghasilkan uang dengan menggunakan media internet tanpa meninggalkan pekerjaan utama Anda di offline tersebut.

Berikut 7 kiat agar Anda bisa lebih cepat sukses di bisnis online khusus untuk karyawan:

1. Pilih bidang yang sederhana

Cara untuk menghasilkan uang di internet tidak cuma satu tapi banyak sekali dan Anda jangan rakus mencoba semuanya dalam sekali waktu.

Pilihlah yang sederhana dan cocok dijalankan sebagai sampingan atau memungkinkan dijalankan oleh seorang karyawan.

Sebagai contoh Anda pilih menekuni Youtube Adsense yaitu mendapatkan uang dengan cara menampilkan iklan di channel Anda.

 Tugas utamnya adalah membuat video dan mempromosikan channel agar semakin terkenal.

Jadi publisher adsense lebih cocok untuk karyawan dibandingkan jualan produk yang harus menyediakan kontak untuk melayani calon pembeli. Biasanya kalau Anda sibuk bekerja offline akan kesulitan untuk bisa memberikan respon cepat menjawab semua chat dari calon pembeli.

Publisher adsense hanya contoh saja, masih banyak bidang lain yang juga cocok untuk karyawan misalnya menjadi affliate marketer produk digital (menjualkan produk digital orang lain menggunakan link afiliasi).

Meskipun jualan tapi disini Anda bisa memilih hanya fokus mendatangkan traffic atau pengunjung ke salespage dimana support dan pertanyaan dari calon pembeli bisa langsung dihandle oleh pemilik produk.

2. Fokus belajar detil

Ada harus pahami secara detil suatu jenis atau bidang bisnis online yang Anda pilih dari mulai sumber uangnya, alur kerjanya dan tahapan-tahapan meningkatkan penghasilannya.

Jangan sampai Anda menjalani satu bidang bisnis online yang Anda sendiri tidak paham seperti apa alurnya.

Untuk belajar secara detil ini bisa melalui cara gratisan dengan mencari informasi yang tersebar di internet bisa juga langsung mengikuti kursus berbayar dari ahlinya.

Jika Anda mencari informasi di lautan informasi (mesin pencari) bisa jadi Anda akan overload dan kesulitan memilih serta merangkai jawaban.

Anda akan membutuhkan waktu dan proses pembelajaran yang lama dan belum tentu hal yang Anda simpulkan benar.

Oleh sebab itu jika ada kursus yang terjangkau maka bisa Anda ikuti dengan sungguh-sungguh. Uang yang Anda keluarkan anggaplah membeli waktu dan memotong proses panjang belajar mencari pemahaman.

3. Gunakan jurus mencontek.

Cari figur orang yang sudah sukses di bidang bisnis online yang Anda pilih, kalau memungkinkan belajar secara langsung silakan lakukan, ikut mentoringnya. Siapkan waktu dan budget untuk belajar. Manfaatkan setiap pertemuan atau komunikasi untuk menggali hal-hal penting agar cepat sukses di bidang tersebut.

Kalau tidak memungkinkan mengikuti pelatihannya silakan lakukan pengamatan dari jauh mengenai apa yang dia lakukan untuk bisnisnya sedetil mungkin.

Catat dan rangkum hasil pengamatan Anda untuk kemudian Anda contek dan praktekan. Meskipun Anda tidak akan mendapatkan 100% informasi yang Anda butuhkan, tapi setidaknya Anda memiliki gambaran untuk segera praktek dan sempurnakan sambil jalan.

4. Disiplin Mengelola Waktu

Jadi karyawan artinya memiliki jam kerja secara pasti setiap harinya yang harus dipertanggungjawabkan kepada atasan. Secara umum orang bekerja 8 jam per hari. Nah disini Anda harus bisa mengelola waktu dimana waktu luang diluar jam kerja bisa Anda manfaatkan untuk belajar dan praktek.

Untuk tahap ini Anda harus rela menjadi lebih capek dan mengurangi waktu santai. Tapi efek disiplin ini juga akan bagus untuk karakter Anda ke depannya.

Intinya Anda harus menyadari bahwa perjuangan yang Anda lakukan saat ini harga yang harus Anda tebus untuk menikmati masa depan yang lebih baik.

5. Menabung uang untuk modal

Setiap bisnis yang ingin bertumbuh pasti membutuhkan modal dalam bentuk uang untuk membiayai berbagai pengeluaran produktif. Anda bisa menyisihkan uang dari gaji Anda untuk membiayai hal-hal prioritas seperti membangun database leads (prospek), membeli tools untuk mempercepat pekerjaan, membayar orang untuk melakukan pekerjaan monoton dan sebagainya.

Pengeluaran ini harus benar-benar diperhitungkan mengenai dampak positifnya untuk bisnis Anda. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan hal-hal yang masih ditemukan cara alternatifnya untuk menghemat biaya. Selain menabung bagian dari gaji Anda juga tentu harus menabung dari hasil profit agar modal menjadi semakin besar. Hindari melakukan pinjaman uang saat membangun bisnis.

6. Rajin praktek

Jangan jadi orang yang cuma hobi belajar dan mengoleksi ilmu tapi malas untuk mempraktekannya. Anda harus ingat bahwa hal yang akan mengubah hidup Anda adalah tindakan. Buatlah catatan khusus untuk mendokumentasikan semua tindakan atau praktek Anda agar mudah menganalisanya.

Untuk membuat tindakan besar, Anda harus berlatih membuat tindakan kecil secara konsisten. Dengan terus-menerus praktek maka Anda akan menemukan formula Anda sendiri yang paling cocok untuk Anda lakukan.

7. Bangun sistem & duplikasi

Seiring bertumbuhnya bisnis Anda maka Anda harus mulai berinvestsi membangun sistem agar bisa berjalan dengan otomatis dan tidak terlalu bergantung dengan kehadiran Anda. Di inernet banyak hal yang bisa diotomatiskan dan biayanya sangat terjangkau dibandingkan membuat sistem otomatis di offline.

Ketika Anda menemukan cara yang efektif untuk mendapatkan hasil terbaik maka Anda bisa duplikasi atau gandakan cara tersebut agar hasilnya juga menjadi berlipat-lipat lebih besar.

Baik, demikian ya materinya, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment