6 Cara Optimasi Instagram Marketing

Tips instagram marketing

     Instagram merupakan media sosial yang sangat digandrugi oleh masyarakat saat ini. dengan lebih dari 700juta pengguna aktif Instagram di setiap bulannya dan ada 30 milyar yang diupload oleh pengguna, menjadikan media sosial ini begitu sukses menarik perhatian masyarakat.

   Instagram merupakan platform sosial yang menyajikan konten foto dan juga video. Dengan berbagai fitur menarik yang disajikannya, berhasil membuat masyarakat merasa ketergantungan dengan media sosial ini.

    Menurut penelusuran, pengguna aktif Instagram, 90%-nya berasal dari masyarakat yang berusia 25-35 tahun dan seringkali Instagram menjadi media untuk berbisnis yang jitu. Nah, untuk Anda yang ingin merintis bisnis dan ingin memanfaatkan Instagram, tips optimasi Instagram untuk bisnis ini bisa Anda coba.

  Banyak sekali teknik dan trik yang mesti di kuasai oleh pebisnis online yang menggunakan Instagram agar jualan nya semakin laris dan memiliki banyak followers. 

    Oleh karena itu saya mencoba membahas bagaimana cara optimasi intagram marketing agar dapat membantu para pebisnis online yang baru memulai menggunakan instagram. intinya adalah dalam bermain instagram yaitu More Follower – More Interaction – More sales.

Baik, inidia yang harus dilakukan diantaranya adalah;

1. Konsisten

     Buatlah postingan yang konsisten dan usahakan terjadwal. misalkan sehari 3-9 foto. Ini bertujuan agar setiap buka aplikasi Instagram, follower Anda melihat postingan Anda.

2. Bangun Interaksi

     Cari konten yang jelas disukai follower Anda, atau target market Anda.Caranya? Lihat aja jumlah komen. Like. 
Lihat mana konten yang paling banyak memancing reaksi positif, dan usahakan balas komentar yang ada di setiap postingan anda. Hapus komentar-komentar spam yang berada di gambar anda dan Gunakan hashtag yang mengarahkan orang untuk follow anda.

     Permudahlah orang dalam mencari anda, seperti menggunakan nama akun yang mudah di ingat dan berikan edukasi yang sesuai dengan market pasar anda.

3. Maksimalkan Fungsi Hastag

    Menggunakan hastag sangat penting dilakukan agar akun bisa di cari menggunakan hastag. Dengan mengunakan hashtags yang tepat maka akan membuat akun anda semakin dikenali sehingga orang akan tertarik dengan akun anda dan menjadi followers anda. Selain yang branded (menyebutkan merk)pakai juga hashtag yang menjadi kategori produk mu di bagian bawah caption postingan Anda.

     Misal jualan tas, cari apa saja hashtag yang biasa dipakai para pecinta tas.Bisa jadi #TasSekolah #TasPunggung #Tasmurah dan sebagainya.

    Misal jualan tas, cari apa saja hashtag yang biasa dipakai para pecinta tas.Bisa jadi #TasSekolah #TasPunggung #Tasmurah dan sebagainya.

Pergunakan hashtag dengan baik dan benar.

  • Anda bisa gunakan 30 hashtag per gambar atau postingan jangan lebih dari 30 Untuk mencegah terlalu penuh.
  • Usahakan caption adalah hashtag yang paling penting, kemudian disusul hashtag yang kita inginkan di bagian komentar. Usahakan selalu konsisten dalam penggunaan hasgtag.
  • Memang sedikit memakan waktu karena kita harus menyusun strateginya, tetapi nanti akan tergantikan.
  • Hashtag yang digunakan haruslah sesuai dengan target pasar anda.
  • Jangan pernah menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan konten anda.
 4. Buatlah Gambar Yang Jelas Dan Menarik

      Layar smartphone memang cenderung kecil sehingga Anda harus menyajikan konten yang jelas agar informasi yang diberikan dapat sampai kepada netizen.

     Selain itu, buatlah gambar yang menarik agar pengguna merasa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan oleh Anda. jika perlu gunakanlah aplikasi editing untuk foto ataupun video.

5. Adakan Kontes Berhadiah

     Apabila Anda ada kelebihan rejeki, buatlah konten promosi berbagi atau biasa disebut give away.
Misalnya Anda jualan hijab, maka Anda berbagi 1 set hijab syar’i dengan syarat:


  • Follow akun
  • Love & Mention 3 teman mereka di postingan Anda
  • Regramm + mention akun Anda + gunakan hashtag tertentu .


    Hal ini akan berdampak akan semakin banyak yang ingin ikut kontes dan semakin banyak yang memfollow akun anda.

6. Follow dan Unfollow

     Untuk tahap yang ini anda harus aktif dan kosnsisten dalam memfollow dan unfollow akun. memfollow akun adalah tindakan yang wajib bagi pebisnis online yang menggunakan instagram, tanpa followers percuma anda bikin instagram untuk bisnis iya toh hehe…

      kenapa harus di unfollow ?? yupz anda harus unfollow akun yang tidak foll back, percuma kan akun yang tidak foll back tidak akan melihat postingan dagangan anda hehe….

No comments:

Post a Comment